IOH Teken MoU dengan Nokia dan Huawei

MEDAN– Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Nokia menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk meluncurkan enterprise campus private wireless network canggih
di beberapa pulau besar di Indonesia.

Sebagai bagian dari MoU, solusi private wireless Nokia akan diterapkan di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, dan Kalimantan.

Dalam siaran pers diterima redaksi, Selasa (7/3/2023) disebutkan, MoU tersebut menandai kesamaan visi IOH dan Nokia dalam mempercepat agenda transformasi digital Indonesia.

Kolaborasi ini dirancang untuk meningkatkan operasi industri dengan konektivitas andal dan
latensi rendah sebagai bagian dari Strategi Indonesia Digital, sebuah program yang terkait erat dengan rencana pembangunan ekonomi digital pemerintah.

Zona-zona penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan didorong oleh jaringan industri canggih dan, di negara yang terdiri atas lebih dari 17.000 pulau ini, solusi pelabuhan terintegrasi akan meningkatkan efisiensi operasional dengan platform digitalisasi bermutu tinggi.

Secara keseluruhan, MoU bertujuan membangun lingkungan bisnis yang lebih gesit, sehingga memastikan pelanggan bisnis IOH dapat mengimbangi perubahan permintaan, memanfaatkan Internet of Things (IoT), dan menjamin konektivitas untuk manusia dan mesin.

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan IOH adalah perusahaan yang digerakkan tujuan untuk menghubungkan dan berdayakan
masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

“Percepatan transformasi digital bangsa dilakukan melalui strategi utama kami untuk berfokus pada pendekatan yang mengutamakan kemitraan. Kolaborasi kami dengan Nokia, pemimpin dalam private wireless sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut,” tuturnya.

Dijelaskannya, transformasi digital adalah dasar rencana IOH untuk memaksimalkan potensi
Indonesia, menjaga dan menumbuhkan kepercayaan konsumen, memperkuat bisnis inti perusahaan dan berkontribusi pada ekonomi digital Indonesia di masa depan.

Sedangkan Ricky Corker, Chief Customer Experience Officer of Nokia, mengungkapkan pihaknya sangat bersemangat untuk membawa pengalaman luas  dalam jaringan misi-kritis ke kolaborasi ini bersama IOH untuk membantu akselerasi Strategi Indonesia Digital.

Dikatakannya, menggunakan private wireless network Nokia sebagai fondasi untuk strategi digital, pelanggan IOH akan dapat menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan otomatisasi, memastikan keselamatan dan keamanan pekerja, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Kerjasama dengan Huawei

Sementara itu penandatanganan kerjasama juga dilakukan IOH dengan penyedia solusi TIK global Huawei tentang inovasi bersama SRv6 di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023.

Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua pihak akan bersama-sama melakukan penelitian dan verifikasi SRv6, sambil juga mempromosikan komersialisasi SRv6 skala besar untuk mempercepat transformasi ke arsitektur jaringan otomatis dan cerdas.

MoU tersebut ditandatangani Desmond Cheung, Chief Technology Officer IOH, dan Daniel Wu, Director of Huawei Indonesia IOH Account.

Penandatanganan dihadiri Vikram Sinha, President Director and CEO IOH, Gary Lu, President of Huawei’s Network Marketing and Solution Sales Department, Linda Cui, President of Hutchison Global Key Account Dept, dan Long, CEO of Huawei Indonesia Tech Investment.

Chief Technology Officer IOH, Desmond Cheung menuturkan, kerja sama antara IOH dan Huawei akan sangat mendorong perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia.

“Kami akan bekerja sama untuk menyediakan layanan jaringan berkualitas lebih tinggi dengan pengalaman pelanggan yang lebih baik melalui konvergensi jaringan IP dan pengoptimalan arsitektur jaringan,” katanya

Disebutkannya ini juga akan membantu IOH memelopori transformasi digital cerdas dan menetapkan tolok ukur untuk ekonomi digital global.

Sementara itu dari Huawei, Gary Lu mengatakan,  Huawei akan membantu IOH membuat terobosan dalam aplikasi SRv6 dan memberikan layanan komunikasi yang lebih beragam bagi pengguna lokal.

Huawei siap mendukung IOH mengejar tujuannya untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

Dengan visinya untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling disukai di Indonesia, IOH terus mendorong pertumbuhan baik di industri telekomunikasi maupun ekonomi digital Indonesia melalui kinerjanya yang solid pada 2022, tahun pertama sejak merger.

IOH (IDX:ISAT) telah bekerja dengan Huawei di berbagai bidang sejak 2005 dan mulai membangun jaringan transportasi konvergensi 5G-ready berbasis SRv6 pertama di kawasan Asia-Pasifik bersama dengan Huawei pada tahun 2020.  ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.