1.004 Lulusan Diwisuda, Mendikbud Beri Izin Pembukaan S3 Bahasa Inggris di UISU

MEDAN– Pelaksanaan wisuda 1.004 lulusan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) periode II Tahun Ajaran 2022-2023 ini terasa istimewa.

Pasalnya, pada momen itu UISU mendapat izin untuk pembukaan program studi Doktoral (S3) Kajian Bahasa Inggris pada Fakultas Sastra.

Terbitnya izin itu berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI nomor: 681/E/O/2023.

“Pelaksanaan wisuda kali ini bersamaan dengan terbitnya SK Mendikbud Ristekdikti terkait izin pembukaan S3 Bahasa Inggris di Fakultas Sastra UISU,” ungkap Rektor UISU Dr Safrida SE MSi di hadapan wisudawan di Selecta Convention Hall Jalan Listrik Medan, Kamis (24/8/2023).

Rektor mengakui, hal ini tentu sangat menggembirakan dan menjadi motivasi bagi seluruh civitas academica UISU.

“Ini adalah program S3 pertama di UISU,” ucapnya.

Rektor juga menyampaikan, 2023 ini merupakan tahun bersejarah dalam perjalanan UISU dengan pergantian estafet kepemimpinan di 26 April lalu. Ia pun menyatakan tekadnya untuk menjadikan UISU sebagai perguruan tinggi unggul.

“Untuk mencapai itu semua, ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian serius seluruh civitas academica UISU,” katanya.

Dijelaskannya, capaian itu dilakukan dari pimpinan universitas hingga program studi yang ada di fakultas.

Rektor menyebut, hal pertama dilakukan adalah digitalisasi di semua bidang dan aktivitas kampus. Kedua, persiapan reakreditasi program studi menuju unggul yang harus benar-benar dikawal dan disupervisi secara serius.

“Untuk mendapatkan akreditasi institusi yang unggul harus didahului dengan capaian akreditasi unggul di level program studi,” ujarnya.

Ketiga, menciptakan rumah-rumah riset di tingkat fakultas. Ini yang akan menjadi ujung tombak dari kegiatan penelitian dan pengabdian dosen-dosen di UISU.

Rektor juga menyebut, era disrupsi dan revolusi teknologi industri 5.0 menuntut lulusan perguruan tinggi untuk menguasai dunia digital yang terus berkembang.

“Jadikanlah wisuda ini sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi sesuai kompentensi masing-masing,” imbaunya.

Menurutnya, hal itu demi keberhasilan yang akan datang dengan menciptakan lapangan kerja, melanjutkan studi yang lebih tinggi atau mencari pengamalan ilmu di dunia kerja sebagai lulusan yang siap merancang dan meniti karier.

Rektor juga menyampaikan UISU merupakan satu PTS di bawah pembinaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I dalam hal peningkatan akreditasi institusi menjadi unggul.

Sederet prestasi diraih UISU juga dipaparkan pada wisuda tersebut. Rektor menuturkan, 11 mahasiswa UISU berhasil menjadi penerima dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang pada 2023.

Seorang mahasiswa memenangkan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), seorang mahasiswa menjadi penerima insentif Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI)

Kemudian dua mahasiswa Fakultas Pertanian UISU atas nama Alif Firmansyah dan Ilham Rizky, mendapat golden tiket magang bersertifikat di PT Bumitama Gunajaya Agro di Kalimantan.

Pada pelaksanaan wisuda ini, UISU memberikan penghargaan untuk dua  Guru Besar, yaitu Prof Dr Dra Hadiani Fitri MSi, dan Prof Dr Dra Liesna Andriany MPd.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof Ismet Danial Nasution drg PhD, Sp.Pros(K) FICD menuturkan, di usia masing-masing 72 tahun yayasan dan universitas pada 3 dan 7 Januari 2023 ini, dapat menyaksikan eksistensi UISU melalui capaian lulusan yang diwisuda.

Menurutnya eksistensi dan komitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya generasi muda adalah berkat sinergi yang sangat baik dari seluruh unsur keluarga besar UISU.

Ini terdiri dari pembina, pengurus dan pengawas serta senat universitas dan pengelola perguruan tinggi yaitu rektor dan seluruh jajarannya maupun alumni UISU.

“Dukungan, kepercayaan dan kerja sama dari berbagai pihak, baik instansi pemerintah pusat dan daerah, kalangan swasta serta masyarakat menyempurnakan eksistensi tersebut,” katanya.

Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajeksah yang hadir pada wisuda tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap pencapaian UISU sebagai kampus swasta tertua di provinsi ini.

Ia melihat UISU terus mengalami peningkatan, apalagi tahun ini sudah ada program S3 di Fakultas Sastra dan akan menyusul di beberapa fakultas lainnya.

“Sebagai universitas swasta tertua di Sumut, ini peningkatan yang baik,” ujarnya.

Wagubsu yang juga Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UISU pun berharap lulusan bisa bekerja di perusahaan – perusahaan nasional dan juga internasional.

Turut Hadir pada wisuda itu
Ketua Umum Pembina Yayasan UISU T Hamdy Osman Delikhan Al Hajj,
Ketua Pengawas Yayasan UISU H Sofyan SH, pengurus yayasan serta para senator UISU.

Hadir juga Ketua LLDikti Wilayah I Prof Drs Saiful Anwar Matondang MA PhD, dan Sekretaris Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Sumut Supriyanto SP MSi. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.