Silaturahim 544 Mahasiswa Berprestasi, Rektor UMSU : Terima Kasih…

MEDAN-Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Prof. Dr. Agussani, MAP menangis haru saat hadir dalam acara silaturahim bersama 544 mahasiswa berprestasi ajang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Selasa (11/7/2023) di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri Medan.

Menyaksikan ratusan mahasiswa UMSU yang bertabur prestasi, Prof. Agussani mengucapkan banyak terima kasih dan sempat meneteskan air mata bangga.

“Terima kasih anak-anakku telah mengukir banyak prestasi bagi perguruan tinggi khususnya di Muhammadiyah Sumatera Utara,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Rektor UMSU teringat dengan sejarah dan perjalanan panjang dalam meraih prestasi di bidang kemahasiswaan hingga saat ini.

Dia menceritakan khususnya pada perlombaan PKM yang dimulai dari 2006, ketika Prof. Agussani menjadi Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan lembaga SRCC masih bernama UPKIM.

“Inilah suatu keberhasilan luar biasa didanai 86 proposal dengan pengajuan 600 proposal lebih. Dulu susah sekali mendapatkannya,” ujarnya.

Prof. Agussani mengatakan keberhasilan ini tidak terlepas dari 3 pilar yaitu pilar akademik, administrasi dan keuangan serta kemahasiswaan dan alumni.

Menurutnya, pilar kemahasiswaan dan alumni harus sejalan bersamaan dengan pilar lainnya.

“Keberhasilan ini tentu harus kita tingkatkan. Produk yang dihasilkan bisa berkolaborasi dengan Pemprovsu, suatu saat nanti produk mahasiawa UMSU bisa menjadi andalan,” kata Prof. Agussani.

Berdasarkan laporan dari Wakil Rektor 3 Assoc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si, tahun ini UMSU berhasil meraih prestasi di berbagai bidang cabang lomba tingkat Nasional maupun Internasional.

Ada 86 tim Program Kreativitas Mahasiawa (PKM) mendapatkan pendanaan, 17 tim Penerima Bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), 6 tim PPK ORMAWA, 1 tim NUDC, 2 orang ON MIPA, 1 tim LIDM.

“Mahasiwa UMSU juga sukses meraih juara pada Pilmapres Tingkat LLDikti Sumut,” katanya.

Pada kesempatan itu, Dr.Rudianto, MSi mengatakan setiap tahunnya UMSU juga memiliki target prestasi dari PP Muhammadiyah.

“Alhamdulillah semua target sudah mulai kelihatan Pak Rektor, karena di tahun ini khususnya pada program PKM, semua fakultas memiliki tim mahasiswa yang didanai,” ujarnya.

Dia mengatakan tahun ini setidaknya 1.000 mahasiswa yang berprestasi dan 6.000 mahasiswa berpotensi berprestasi.  Kedepannya, ditargetkan 80% lulusan UMSU memperoleh gelar berprestasi.

Sementara, Ketua SRCC UMSU Fatimah Sari Siregar M.Hum melaporkan bahwa 86 tim yang lulus pendanaan dengan jumlah 160 juta, berhasil meraih peringkat ke-1 PTS/PTMA se-Indonesia PKM tahun 2023 serta peringkat ke-12 PTN/PTS Se-Indonesia.

Jika dilihat per bidang UMSU menempati peringkat 2 nasional bidang penerapan Ptek dibawah UGM.

“Ini merupakan suatu kesyukuran besar bahwa UMSU bisa bersanding dengan PTN dan PTS unggul lainnya dalam PKM. Semua fakultas di UMSU juga berhasil mendapatkan pendanaan,” ujar Fatimah.

Begitu juga 6 tim PPK ORMAWA mendapatkan pendaan dengan jumlah 290 juta.

Tidak hanya di bidang PKM, berdasarkan laporan dari Ketua PUSKIBI UMSU Assoc. Prof. Hj. Dewi Andriany SE MM, tahun ini UMSU berhasil mendapatman 17 proposal bisnis yang didanai dan meraih peringkat 1 PTMA se-Indonesia dan PTN PTS se-Sumut, peringkat 2 PTN PTS Se-Indonesia.

Sementara itu, M. Khoirul Fahmi selaku perwakilan mahasiswa berprestasi dan unggul, peraih juara Pilmapres menceritakan perjalanannya meraih prestasi.

Dia mengatakan bahwa sejak awal semester dan diterpa Covid-19 tidak menurunkan semangat untuk mengikuti lomba-lomba secara online.

Ketika perkuliahan offline, Fahmi aktif mengikuti lomba, sehingga di 2022 dapat berkeliling ke 5 pulau seperti Lomba Esay di Aceh, MTQ di Papua Barat, Pengabdian Masyarakat di Selangor Malaysia, MTQ Nasional di Banjarmasin, Final KTI di Kendari dan terakhir di Jakarta.

“Semua ini tidak lepas dari dukungan Bapak Rektor dan Kepala Biro se-UMSU serta bimbinga dari para dosen. Saya terharu bisa mengalahkan kampus ternama lainnya di ajang Pilmapres tingkat wilayah,” ujar Khoirul Fahmi dengan antusias.

Kegiatan silaturahim ini ditutup dengan penyematan pin mahasiswa unggul dan penyerahan penghargaan Perguruan Tinggi Akademik (PTA) terbaik penyelenggara MBKM Bidang Kreativitas Mahasiswa KemendikbudRistek RI oleh Rektor UMSU kepada Ketua SRCC dan Ketua PUSKIBI.

Kegiatan ini turut dihadiri Pimpinan Fakultas Se-UMSU, Ketua Unit dan Lembaga Se-UMSU, Kepala Biro Kemahasiswaan serta Dosen Pendamping. ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.