Teken MoU, UISU-FKPT Fokuskan Penelitian dan Publikasi

MEDAN-Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) tandatangani perjanjian kesepahaman dengan Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi di ruang serbaguna Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan.

“Kerjasama diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua institusi, khususnya dalam hal penelitian dan publikasi yang selama ini sudah berjalan,” kata Rektor UISU Dr Safrida SE MSi, Jumat (21/7/2023).

Penandatanganan kerjasama yang dilakukan pada Selasa (18/7/2023) itu dihadiri Wakil Rektor Bidang ADI Dr Marzuki SH MHum, Wakil Rektor Bidang KAK Ir H. Abdul Haris Nasution MT.

Hadir juga Wakil Rektor Bidang KSI Andang Suhendi SS MA, Ketua Harian FKPT Mesran MKom, Ketua Dewan Pembina FKPT Suprianto SE MSi dan seluruh anggota FKPT, serta seluruh Dekan dan Wakil Dekan se UISU.

Rektor UISU Dr Safrida menjelaskan, penandatanganan kerjasama kedua institusi ini dalam upaya memfasilitasi berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan akreditasi insitusi UISU menuju unggul.

Hal itu sesuai motto, bersama kita maju bersama kita unggul. Jadi perlu adanya kolaborasi dari beberapa perguruan tinggi untuk melakukan kegiatan penelitian dan proses pembelajaran.

“Forum ini nantinya sebagai wadah bagi kita yang sifatnya ialah kekeluargaan. Tentunya MoU ini menjadi penting bagi UISU,” katanya.

Ketua Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) Mesran MKom menyampaikan, dalam satu- dua tahun ini pihaknya akan memfokuskan kegiatan implementasi baik di tingkat pendidikan tinggi, nasional maupun internasional.

Dijelaskannya, sampai saat ini FKPT tidak hanya di Sumatra saja tapi ada juga di Aceh, Bali, Palembang, dan juga Jawa.

“Namun satu kesulitan kita sebelumnya ialah mencari implementasi kerjasama di tingkat institusi regional,” katanya.

Sehingga sekarang FKPT fokusnya kerjasama, publikasi, dan terdapat jurnal-jurnal dibidang ekonomi, teknik elektro, mesin, dan lainnya. Menurutnya ini merupakan salah satu benefit yang ada dari FKPT.

“Namun selain meningkatkan kerjasama dan aktivitas bagi kami tentunya yang pertama adalah adanya silaturahmi,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan dengan adanya FKPT ini masuk ke dalam perguruan tinggi, maka forum ini akan sangat berguna bagi status institusi yang nantinya bisa meningkatkan akreditasi dengan cepat. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.