Iklan Edoy

UMSU Terima SK 2 Guru Besar dari LLDikti Sumut

MEDAN-Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali menambah dua Guru Besarnya yakni dosen Magister Manajemen (MM) Pascasrjana UMSU, Dr Fajar Pasaribu SE MSi dan Dr Jufrizen SE MSi.

Keduanya resmi menerima Surat Keputusan (SK) guru besar di bidang Ilmu Manajemen, pada Selasa (23/1/2024) lalu di Kantor Growth Center LLDIKTI Wilayah I Jalan Pratun Kenangan Baru Kecamatan Percut Sei Tuan, Medan

Surat Keputusan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1 Prof Drs Saiful Anwar Matondang MA PhD kepada Rektor UMSU Prof. Dr Agussani MAP diwakili WR I Prof Dr Muhammad Arifin MHum. SK itu selanjutnya diserahkan kepada Prof Dr Fajar Pasaribu SE MSi dan Prof Dr Jufrizen SE MSi.

Kepala LLDikti Wilayah 1, Prof Saiful menuturkan ada tiga jenis dan jalur menuju jabatan/gelar professor di Indonesia yaitu jalur akademis, fungsional peneliti dan kehormatan.

Ia menjelaskan, profesor jalur kehormatan diberikan perguruan tinggi sebagai penghargaan kepada setiap orang dari kalangan non-akademik yang memiliki kompetensi luar biasa.

“Tidak semua perguruan tinggi berhak dan berwenang untuk memberikan profesor kehormatan. Hanya peringkat akreditasi A atau Unggul, serta menyelenggarakan program doktor yang sesuai dengan bidang kepakaran calon profesor Kehormatan,” jelasnya.

Sementara itu, WR I UMSU Prof Arifin menyebut penerimaan SK ini menambah jumlah Guru Besar dan suatu prestasi luar biasa bagi UMSU.

Dia mengingatkan agar raihan ini dapat motivasi dosen-dosen lainnya untuk serius dan bersemangat berjuang meraih gelar Guru Besar.

“Pesan saya, meraih gelar Guru Besar bukan berarti berhenti. Justru tanggungjawab makin besar, karena itu teruslah berkarya dan berkontribusi walaupun sudah meraih gelar Profesor,” imbaunya.

Direktur Pascasarjana UMSU Prof Dr Triono Eddy SH MHum yang turut hadir mengungkapkan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah. Dosen kami di Pascasarjana UMSU, Bapak Fajar Pasaribu dan Bapak Jufrizen memperoleh anugerah dari Allah SWT, yakni meraih gelar Guru Besar,” ungkapnya.

Ia berharap, bertambahnya guru besar di UMSU dapat meningkatkan citra dan kualitas perguruan tinggi.

Sebelumnya, UMSU menerima SK Guru Besar bidang Ilmu Akuntansi yakni Dr Widia Astuty SE MSi QIA dan mengukuhkan 4 Guru Besar Perempuan pada Sabtu (23/12/2023).

Turut hadir dalam kegiatan ini jajaran Pimpinan Prodi di lingkungan Pascasarjana UMSU, sejumlah dosen FEB UMSU, serta keluarga dan kerabat dari Prof Dr Fajar Pasaribu SE MSi dan Prof Dr Jufrizen SE MSi. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.