Wisuda 560 Lulusan, Undhar Kembangkan Program Internasionalisasi

MEDAN – Universitas Dharmawangsa (Undhar) Medan mewisuda 560 lulusannya, di Medan International Convention Centre (MICC), Jalan GagaHitam Medan, Selasa (30/5/2023).

Lulusan yang diwisuda berasal dari 19 Program Studi (Prodi) mulai Magister, Program S1 dan D3.

Rektor Undhar Medan Dr. H. Zamakhsyari bin Hasballah Thaib, Lc, MA dalam sambutannya minta agar  lulusan jangan pernah merasa berpuas diri dan besar kepala.

Menurutnya besar dan majunya Universitas Dharmawangsa ditentukan oleh kiprah aktif dan akhlak dari alumni untuk membawa nama baik universitas.

“Tentunya kami mengharapkan kepada seluruh alumni, untuk jangan pernah merasa puas diri dan besar kepala atas segala pencapaian yang diperoleh. Teruslah belajar, karena kalian semua adalah duta-duta Universitas Dharmawangsa untuk mengharumkan kampus di tengah-tengah masyarakat, ” harap rektor.

Dr. H. Zamakhsyari  kemudian menyampaikan ucapan terimakasih kepada wali dan orang tua mahasiswa atas amanah yang telah diberikan kepada Undhar untuk membawa mereka ke gerbang kesuksesan

Di Wisuda Undhar ke-34 ini, rektor juga menyampaikan, Universitas Dharmawangsa terus melakukan pengembangan progran Internasionalisasi guna mengembangkan keilmuan. Untuk itu, dalam waktu dekat Undhar akan melaksanakan MoU dengan dua  universitas di Mesir.

Dituturkannya, internasionalisasi ini sesuai dengan visi baru menjadikan World Class University yang unggul, terpercaya, berdaya saing dan berjiwa wirausaha pada 2045 sejalan dengan roadmap pendidikan nasional generasi Indonesia emas.

“Hal ini merupakan salah satu wujud dari upaya dan strategi internasionalisasi,” ujarnya.

Disebutkannya, selama kuliah di Undhar para lulusan telah dibekali dengan beragam soft skill utamanya sikap, mental dan akhlak yang menjadikan mereka bukan hanya cerdas dan terampil.

“Para lulusan juga dibekali menjadi pribadi yang lebih arif dan bijaksana dan semakin dapat memberikan sumbangsih dan kebermanfaatan bagi nusa, bangsa dan negara,” katanya.

Dalam satu tahun terakhir ini lanjut Zamakhsyari ada beberapa prestasi dan capaian penting dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi antara lain Undhar melakukan upaya dan strategi internasionalisasi seperti menjalin kerjasama dengan 7 perguruan tinggi asing.

Undhar juga terus menguatkan tupoksi 3 lembaga dan 9 UPT, meningkatkan kualitas sumber daya, membenahi bidang sarana dan prasarana, meningkatkan dan memberikan hibah penelitian internal untuk 30 proposal terbaik karya para dosen tetap.

Selain itu juga meningkatkan bidang pengabdian kepada masyarakat berupa pemberian hibah pengabdian dalam tiga tahun terakhir konsisten terus mengirimkan perwakilan dosen tetap untuk memenangkan hibah bersaing.

Rektor menambahkan, dalam bidang kerjasama Undhar terus menjalin dengan berbagai universitas unggul baik dalam dan luar negeri.

Penandatanganan MoU, kegiatan ilmiah, seminar, webinar, magang bersertifikat, pertukaran mahasiswa. Tercatat 11 mahasiswa memenangkan hibah MBKM dalam bidang magang dan studi independen.

Terkait mahasiswa dan alumni Undhar konsern dengan program pelacakan alumni (tracer study).

Di tahun ini, Undhar akan memiliki Magister Manajemen dan Magister Ilmu Komunikasi, sehingga para lulusan terus mengembangkan potensi diri dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Rektor berharap capaian prestasi itu menjadi salah satu faktor penting yang membesarkan nama suatu institusi pendidikan ini sejauh mana kiprah para alumninya dalam mengharumkan nama almamaternya.

Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan H Muzakkir SE merasa bangga dilaksanakannya wisuda sarjana ini.

“Walaupun secara formal tugas dan tanggung jawab sebagai mahasiswa berakhir namun sebagai masyarakat pembelajar (learning society) belum berakhir. Untuk itu peluang untuk belajar melanjutkan pendidikan S2 dan S3 terus dilanjutkan,” paparnya.

Ia juga mengapresiasi seluruh sivitas akademika yang selalu membehani diri melakukan inovasi dan terobosan baru untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan dengan melengkapi fasilitas dan sistem teknologi informasi yang terintegrasi. ( ima)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.