167 Peserta Audisi di Medan Unjuk Bakat Musik di Collabonation IM3 Tour 2024

MEDAN – Sebanyak 167 peserta di Medan secara offline dan online unjuk bakat musik di ajang Collabonation Tour Talent Hunt 2024.

Pencarian bakat melalui audisi itu digelar di 4 tempat yakni Posbloc Medan (17 Februari), Sibiru-biru (18 Februari), Universitas Panca Budi (20 Februari) dan Universitas Sumatera Utara (22 Februari 2024).

VP – Head of Brand Engagement IM3 Indosat Ooredoo Hutchison, Beni Hutagalung menyebutkan, dari seratusan peserta audisi itu akan dipilih 14 finalis untuk tampil di konser dan  final show Collabonation Tour Talent Hunt pada 2 Maret 2024.

Disebutkannya, konser Collabonation Tour persembahan IM3 ini telah mengunjungi 23 kota di seluruh Indonesia dengan menampilkan karya kolaborasi para musisi Indonesia.

“Di 2024 ini, Collabonation Tour hadir menampilkan sesuatu yang berbeda dan dengan format baru mengajak generasi muda berani unjuk minat dan bakat melalui  Collabonation Tour Talent Hunt,” kata Beni di sela audisi di Pendopo FIB Kampus USU Medan, Kamis (22/2/2024).

Untuk penilaian pemenang, katanya ada dua kriteria yang dicari, yaitu talet musik soloist dan grup band.

Menurutnya selain kriteria penilaian penguasaan lagu dan  panggung juga ketepatan nada dan teknik vocal serta kreativitas (aransemen dan improvisasi).

Kriteria yang sama juga diberikan kepada grup band dengan penilaian penguasaan lagu, panggung dan harmonisasi serta skill musikalitasnya.

Beni mengungkapkan, para pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah.

Untuk kategori grup band, juara 1 akan mendapatkan Rp25 juta, juara 2  mendapatkan Rp20 juta, dan juara 3 sebanyak Rp10 juta.

Sedangkan untuk kategori solo,  mendapatkan Rp 20 juta ( juara 1) dan  Rp 15 juta ( juara 2)  serta  Rp 10 juta bagi juara 3. Dengan total hadiah hingga Rp100 juta.

Beni juga menyebutkan, para pemenang itu tidak hanya mendapatkan hadiah semata, tapi juga kelanjutannya.

“Para pemenang itu akan kami maintain komunitas musik ini dengan memberikan pelatihan/workshop seputar musik dan ajak untuk menyebarkan excitednya lewat media sosial,” paparnya.

VP – Head of GTM & Direct Sales Sumatera Indosat Ooredoo Hutchison, Sembodho Budiharto, menambahkan Collabonation hadir sejak 2019 dengan menggandeng sejumlah musisi, komunitas, serta seniman inspiratif Tanah Air untuk menciptakan sejumlah karya kolaborasi.

Kali ini di 2024, kata Sembodho, IM3 menghadirkan Collabonation Tour dengan jangkauan area lebih luas melalui program pencarian bakat.

Pada Collabonation Tour Talent Hunt, katanya Medan merupakan kota pertama digelar. Pasalnya kota ini sangat banyak generasi muda berbakat yang antusias dengan musik dan olah vocal.

Pada final show nantinya, Dewan Juri terdiri dari musisi ternama Indonesia, yakni Kunto Aji, Iga Massardi dan Kill the DJ.

Dikatakannya, Iga Masardi, selain musisi Indonesia juga merupakan vokalis dan tergabung di grup band.

Kemudian Kunto Aji, selain seorang musisi juga penyanyi dan penulis lagu.

“Kunto Aji inipun memulai kariernya dari dunia tarik suara dengan menjadi finalis dalam ajang pencarian bakat yang serupa juga,” beber Sembodho.

Sedangkan Kill the DJ,  merupakan musisi dan pentolan group musik; Jogja Hip Hop Foundation.

Dia juga menjelaskan, unntuk audisi offline dan online melibatkan juri lokal, seperi Tri Adinata, Syafiq Anshori, dan Rully Siregar.

Dari 167 peserta audisi itu terdiri  offline di USU sebanyak 54 peserta (masih bisa bertambah).,
Pos Bloc 34 peserta, Universitas Panca Budi 32 peserta dan di Sibiru-biru 16 peserta. Sedangkan peserta online diikuti 31 orang.

“Untuk menyaksikan konser dan final show, pengunjung cukup dengan membeli paket IM3 3GB akan mendapatkan 1 gelang masuk ke venue konser,” pungkas Sembodho. ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.