Iklan Edoy

Dihadiri Seribuan Warga Pakpak, Himpak Gelar Halal Bi Halal

MEDAN – Keluarga besar Himpunan Masyarakat Pakpak menggelar acara Halal bi Halal dan Pepalum Teddoh (pelepas rindu) di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman, Medan, Minggu (14/5/2023).

Acara yang berlangsung meriah dan dihadiri oleh seribuan warga Pakpak. Hadir juga Ketua Umum DPP Himpak H Citra Effendi Capah, Sekretaris Kasiman Berutu SE dan Bendahara Nurmala Maibang dan pengurus lainnya.

Kemudian pengurus Sumut dan Kabupaten Kota, para bupati silima suak yaitu Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Subulussalam dan Aceh Singkil dan ratusan pengurus dan anggota Himpak dari berbagai daerah.

Gubernur Sumut, Edi Rahmayadi yang diwakili oleh Asisten Ekonomi Harianto Butar-butar berharap Himpak dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan elemen masyarakat lainnya sehingga dapat bersinergi membangunan Sumut. Gubsu juga berharap peran serta Himpak untuk membantu masyarakat memaksimalkan potensi-potensi yang ada di daerah masing-masing.

“Daerah-daerah di Sumut memiliki potensi yang sangat luar biasa yang membutuhkan ormas-ormas yang peduli dengan masyarakat untuk memaksimalkan potensi daerahnya masing-masing. Tentunya Himpak bisa bekerjasama dengan Pemprov Sumut untuk memajukan potensi daerah sesuai dengan tujuan pembangunan daerah yaitu membangun daerah menata kota,” ujar Gubsu.

Untuk itu, lanjut Gubsu, melalui halal bi halal ini sebagai langkah awal untuk bersama menciptakan Sumatera Utara yang lebih baik dan bermartabat.

 

 

Sementara itu, Ketua Umum DPP Himpak Citra Effendi Capah mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara halal bi halal. Atas nama seluruh pengurus dan anggota Himpak, Citra Effendi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumut, Edi Rahmayadi yang telah memberikan perhatian begitu besar.

“Sejak dipimpin Edi Rahmayadi, rumah dinas Gubsu kini telah dibangun aula yang bisa dipakai oleh seluruh elemen masyarakat. Kita memberikan apresiasi yang mendalam kepada beliau,” kata Citra.

Citra Effendi mengakui, etnis Pakpak memang sedikit dibandingkan suku-suku lainnya di Sumut. Untuk itu, Citra mengimbau kepada seluruh anggota Himpak untuk menggalang kekompakan dan bersatu maka etnis Pakpak bisa memberikan warna dan bisa menjadi Pakpak yang hebat dan bermartabat.

“Namun saat ini, Pakpak bukan saja mereka yang berasal dari etnis Pakpak, tapi juga etnis lainnya yang mengaku dirinya lebih Pakpak dari pada etnis Pakpak sendiri. Jadi Pakpak saat ini bukan sekadar mereka yang memiliki marga Pakpak, tapi yang sudah berbahasa dan berbudaya Pakpak,” ujarnya.

Citra Effendi berharap melalui kegiatan halal bi halal dan Papelum Teddoh ini, warga Pakpak dapat saling menjalin silaturahmi, kekompakan dan melepas rindu.

Citra berharap, agar etnis Pakpak tidak malu untuk terus menghidupkan budaya Pakpak. “Kita bisa hebat apabila kita bisa memajukan budaya Pakpak. Untuk itu, saya berharap kepada seluruh anggota Himpak dan warga Pakpak untuk terus menghidupkan budaya kita sendiri di tengah-tengah masyarakat,” imbaunya.

Sedangkan Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin yang mewakili para kepala daerah Silima Suak mengharapkan agar pengurus Himpak bisa bekerja lebih giat untuk meningkatkan taraf kehidupan warga Pakpak. Matsyuhito berharap agar Himpak membuat program bea siswa bagi anak-anak Pakpak yang ada di Sumut dan Aceh, agar mereka bisa menuntut ilmu setinggi-tingginya. Hanya melalui bidang pendidikanlah warga Pakpak bisa meningkatkan perekonomian dan taraf hidupnya.

 

 

“Kita memiliki kekayaan alam yang sangat potensial dan hingga kini belum dikelola. Alangkah baiknya kita memanfaatkan kekayaan alam itu untuk meningkatkan pendidikan anak-anak kita. Saya kira itu harapan kami sebagai kepala daerah kepada Himpak,” ujarnya.

Acara diakhiri dengan tausyiah oleh Al ustadz Abdil Muhadil Ritonga, M.Pd dan pemberian cendera mata kepada para kepala daerah yang hadir.

Sebelumnya, dilakukan pagelaran budaya dan pencak silat khas Pakpak yang membuat hadirin terkesima dan memberikan aplaus yang meriah. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.