Jalin KAD dengan Pemkab Dairi, Bobby Nasution: Kendalikan Inflasi, Penuhi Kebutuhan Warga & Sejahterakan Petani Dairi

DAIRI – Sebagai upaya pengendalian inflasi, Pemko Medan dan Pemkab Dairi melakukan Kerjasama Antar Daerah (KAD) melalui penandatanganan MoU di bidang pangan. Terjalinnya KAD ini dalam rangka dukungan sekaligus penyediaan komoditas cabai guna memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Medan.

KAD ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan langsung Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan UMKM, Jalan Olahraga, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Senin (6/2) petang.

Atas kerja sama yang terjalin tersebut, menantu Presiden RI Joko Widodo ini pun mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Dairi. Dikatakan Bobby Nasution dibutuhkan kesigapan dan ketanggapan dalam mengantisipasi terjadinya inflasi sehingga meminimalisir dampak yang berpengaruh, terutama bagi Provinsi Sumatera Utara.

“Kerjasama ini sebagai upaya kita mengendalikan inflasi sesuai dengan yang diinstruksikan Bapak Presiden kepada seluruh kepala daerah. Di samping itu, membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Medan dari sisi pangan, termasuk komoditas cabai,” kata Bobby Nasution.

Suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu itu mengungkapkan, jika untuk memenuhi kebutuhan pangan, Kota Medan sangat bergantung pada kabupaten/Kota lainnya. Sebab, kota terbesar ketiga di Indonesia ini, imbuhnya, bukanlah daerah penghasil pangan.

“Kalau tidak ada yang suplai bahan pangan, maka Kota Medan akan lumpuh karena daerah kami bukan penghasil pangan. Oleh karenanya, tentu kami butuh dukungan dari kabupaten/Kota lain di Sumut atau daerah lain di Indonesia,” terangnya dalam MoU yang akan berlangsung selama tiga tahun sejak penandatanganan.

Selain masyarakat Kota Medan, jelas Bobby Nasution, kerjasama ini juga untuk membantu mensejahterakan petani di Kabupaten Dairi. “Tujuan kami melakukan kerjasama agar petani di Kabupaten Dairi setahap demi setahap bisa sejahtera dari hasil pertaniannya,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengaku, bangga atas kehadiran Bobby Nasution sekaligus mendapat kepercayaan untuk mendukung bahan kebutuhan pangan holtikultura untuk Kota Medan. Terlebih, imbuhnya, Bobby Nasution memiliki komitmen untuk membantu mensejahterakan petani di Kabupaten Dairi.

“Pak Bobby berkomitmen untuk melihat bagaimana petani Dairi tahap demi tahap bisa dan dapat semakin sejahtera. Terimakasih atas kerjasama ini. Semoga kebutuhan pangan untuk Kota Medan dapat terpenuhi,” ujar Eddy Berutu.

Usai penandatanganan MoU, Bobby Nasution bersama Eddy Berutu kemudian meninjau kawasan pertanian terpadu holtikultura di Kecamatan Parbuluan. Di lahan pertanian seluas 22 hektare tersebut, Bobby Nasution bertemu dan berbincang dengan petani yang menyambut hangat kedatangannya.

Sesuai MoU, cabai merah adalah bahan pangan yang nantinya akan dikirim sebanyak 10 ton/Minggu. Pengiriman akan dilakukan sebanyak dua kali yakni Hari Senin dan Jum’at masing-masing sebanyak 5 ton. Diperkirakan, cabai merah akan panen sekitar bulan Mei mendatang. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.