Iklan Edoy

Kajati Sumut Lantik Kajari Sergai, Gunung Sitoli dan Taput

MEDAN – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Utara (Sumut) Idianto SH MH melantik 3 Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) di Aula Sasana Cipta Kerta, Lantai 3 Kantor Kejati Sumut, Jalan AH Nasution Medan, Senin (28/8/2023).

Tiga Kajari yang diambil sumpah, dilandik, dan serah terima jabatan, yakni, Kajari Serdang Bedagai (Sergai), Kajari Gunung Sitoli dan Kajari Tapanuli Utara (Taput).

Mayhardy Indra Putra SH MH dilantik sebagai Kajari Sergai menggantikan Muhammad Amin SH MH yang dipromosikan menjadi Aspidsus Kejati Lampung.

Donny Kayamuddin Ritonga SH MH sebagai Kajari Taput menggantikan Much Suroyo S yang mendapat promosi jabatan baru sebagai Kajari Banyumas.

Dan Parada Situmorang SH MH sebagai Kajari Gunung Sitoli menggantikan Damha SH MH, yang mendapat promosi menduduki jabatan baru sebagai Kajari Pandeglang.

Acara pelantikan dihadiri Wakajati Sumut Drs Joko Purwanto SH, para Asisten, para Kajari dan Kacabjari, Koordinator, para Kasi dan rohaniawan.

Dua Kajari yang dilantik hadir secara langsung di Kejati Sumut. Sementara Kajari Gunung Sitoli Parada Situmorang mengikuti acara pelantikan secara daring dari Badiklat. Alasannya, karena sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2023.

“Prosesi pengangkatan, penempatan, dan alih tugas pejabat di lingkungan Kejaksaan merupakan sebuah kebijakan organisasi yang senantiasa terus dilakukan secara berkelanjutan. Seiring dengan proses perjalanan organisasi yang harus terus bergerak maju secara berkesinambungan, guna memenuhi tuntutan tugas yang semakin kompleks dan berkembang tiada henti,” kata Kajati Sumut, Idianto dalam arahannya.

Idianto mengatakan, serah terima jabatan bukanlah hanya sebuah prosesi. Melainkan dijadikan sebuah amanat untuk dijalankan dengan sebaik baiknya dan penuh tanggungjawab sesuai dengan Tri Krama Adhyaksa. “Kita harus selalu mengutamakan kejujuran, kesempurnaan dan bijaksana dalam menjalankan tugas kewajiban,” katanya.

Lebih lanjut mantan Kajati Bali ini menyampaikan, untuk membangun Kejaksaan sebagaimana yang diharapkan.

“Kepada para Kajari yang baru dilantik, beberapa pokok penekanan tugas yang harus segera saudara laksanakan di tempat tugas yang baru, antara lain: segera identifikasi, pelajari, kuasai, dan selesaikan berbagai persoalan di tempat penugasan baru,” ujarnya.

Dan menyambut Pemilihan Umum 2024, Kajati Sumut Idianto mengharapkan para Kajari memastikannya berjalan lancar di wilayah masing-masing.

“Jaga netralitas, dengan tidak menunjukkan keberpihakan. Serta bersinergi dengan Bawaslu dan aparat penegak hukum lainnya dengan memperhatikan kewenangan yang dimilki. Wujudkan proses penegakan hukum yang berkeadilan, profesional, dan bermartabat yang dilaksanakan dengan senantiasa mengacu pada hati nurani dan integritas luhur yang menjadi landas pijaknya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Idianto juga menekankan agar seluruh jajarannya menjaga integritas, jauhi penyimpangan, dan perbuatan tercela dalam melaksanakan tugas, serta menjadi suri tauladan yang baik bagi seluruh jajaran, meningkatkan pengawasan melekat terhadap seluruh jajaran di satuan kerja masing-masing. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.