Kebakaran Kios di Patumbak Anak Susul Ibu ke Ramatullah

MEDAN-Korban meninggal dunia akibat kebakaran dua kios di Jalan Pertahanan Desa Patumbak dua Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang terbakar pada Sabtu (24/6) sekira Jam 17.00 Wib bertambah.

“Hingga Minggu (25/6), korban meninggal bertambah satu orang sehingga total korban meninggal sebanyak 2 orang,” kata Abdul Meliala, warga Jalan Pertahanan Patumbak Kabupaten Deliserdang.

Dijelaskan Abdul, M. Darul Firman syah (13) meninggal dunia menjemput ibunya ke Alam Baka dari Rumah Sakit Sembiring Delitua setelah mendapat perawatan medis.

“Benar bang anaknya M. Darul Firmansyah juga meninggal dunia menjemput ibunya Suwanti (42) ke Alam Baka yang terlebih dahulu meninggal dunia dalam keadaan hamil terjebak dalam kobaran api,”ujar Abdul.

Sedangkan Suparman suami dari Suwanti dan ayah dari M. Darul Firmansyah kini masih dirawat di Rumah Sakit Sembiring Delitua.

“Masih ada satu orang korban lagi yang selamat kini masih dirawat di Rumah Sakit Sembiring Delitua yakni Suparman suami dari Suwanti yang terlebih meninggal dunia dan ayah dari M.Darul Firmansyah yang juga meninggal dunia tadi pagi Minggu (25/6/23),”pungkas Abdul.

Sebelumnya diketahui dua kios di Jalan Pertahanan Desa Patumbak dua Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang terbakar pada Sabtu (24/6/2023) sekira Jam 17.00 Wib.

Informasi diperoleh dari beberapa orang warga dan Anggota Babinsa Delitua menyebutkan penyebab kebakaran diduga berawal dari korsleting listrik dari kios Suparman dan Suwanti yang membuka usah penjual gorengan,Gas elpiji dan bahan bakar minyak serta kelontong.

Sedangkan informasi dari warga lainnya diperoleh api berasal dari sampah yang dibakar korban didepan kiosnya  lalu menyambar ke tabung gas dan api kembali menyambar ke bahan bakar minyak eceran yang dijual oleh korban.

Serka Suratman mengatakan, dari kebakaran ini tiga orang korban yakni Suparman (45) (suami) mengalami luka bakar 25 % dan Suwanti (42) istri  (meninggal) dalam keadaan hamil serta seorang anak bernama M. Darul Firmansyah (13) mengalami luka bakar 75% .

Dijelaskan Suratman, bahwa ayah dan ibu serta anaknya tak bisa menyematkan diri karna api cukup besar ditambah lagi dengan suara ledakan tabung gas elpiji, sedang kios yang tempati korban tidak ada pintu belakangnya.

Menurutnya, api yang terus membesar tak bisa menyematkan diri karna api cukup besar ditambah lagi dengan suara ledakan tabung gas elpiji, sedang kios yang tempati korban tidak ada pintu belakangnya.

“Suami dan istri serta anaknya tidak dapat keluar dari kios tersebut, karna api cukup besar ditambah lagi dengan suara ledakan tabung gas elpiji, sedang kios yang tempati korban tidak ada pintu belakangnya, jadi korban bisa dikatakan terjebak ditengah kobaran api yang cukup besar,”ucap Suratman dan beberapa orang warga.

Selain korban jiwa dan luka bakar kata Suratman suluruh harta benda termasuk 4 unit sepeda motor juga turut dilalap api dan termasuk kios maupun barang-barang milik Desi Aprianti yang menjual pakaian atau busana disebelahnya.

Peristiwa kebakaran tersebut sebelumnya sempat membuat warga sekitar panik dan heboh, pasalnya dari dalam kios penjual gorengan dan kelontong yang terbakar itu sempat terjadi ledakan.

Dikatakannya, sebelum pihak Damkar tiba masyarakat terlebih dahulu beramai-ramai ikut memadamkan api, namun tidak berhasil karna banyaknya bahan yang mudah terbakar dan suara ledakan dari dalam kios.

 

Tak lama kemudian sebanyak 4 unit mobil pemadam dari Pemkab Deliserdang tiba dilokasi.Proses pemadaman berlangsung cepat. Si jago merah yang meluluhlantakkandua kios tersebut akhirnya berhasil dipadamkan sekitar 40 menit.

Kemudian setelah api berhasil dipadamkan, petugas pemadam kebakaran dan warga langsung mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Sembiring Delitua menggunakan mobil Ambulance.

Sedangkan personil polsek Patumbak yang datang ketempat kejadian langsung melakukan penyelidikan, dan memasang garis polisi ditempat kejadian kebakaran yang menewaskan seorang ibu dan 2 orang yakni ayah dan seorang anak.

Sementara jenazah Suwanti korban kebakaran setelah dari Rumah Sakit Sembiring Delitua dibawa dan disemayamkan dirumah mertuanya di Jalan Pertahana Desa Patumbak 2  Gang  Saudara  Kecamatan Patumbak Kabupaten Deliserdang.(Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.