Laporan Reses Kesatu DPRD Kota Medan 2023 Dapil 1-5, Pelayanan Kesehatan Masih Dikeluhkan

MEDAN – Masalah Infrastruktur dan penanganan Banjir, pelayanan Kesehatan, penanganan UMKM, dan pelayanan publik yang masih menjadi topik dominan pengaduan masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya kepada Anggota DPRD Kota Medan. Hal ini terungkap dalam Rapat Paripuna dalam rangka Laporan Reses Kesatu Anggota DPRD Kota Medan Tahun 2023 Daerah Pemilihan 1 s.d. 5, di gedung dewan, Jalan Kapten Maulana Lubis No 1, Medan, Senin (27/02/200/23).

Dalam laporan reses yang dibacakan oleh masing-masing perwakilan anggota dewan dari daerah pemilihan 1 s.d. 5, menyebutkan bahwa hampir di setiap daerah pemilihan terdapat empat masalah tersebut yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat.

Masalah infrastruktur tersebut antara lain perbaikan drainase, perbaikan jalan, penerangan jalan serta pengerokan dan pelebaran sungai yang dapat menyebabkan banjir dan kemacetan. Masalah pelayanan kesehatan, yaitu masih banyak masyarakat yang belum paham dan mengerti terkait program UHC (Universal Health Coverage) yang diberikan Pemerintah Kota Medan untuk meng-cover kesehatan. Masalah penanganan UMKM yang juga harus menjadi perhatian pemerintah karena sangat berpengaruh dengan kestabilan pertumbuhan ekonomi setelah pandemi Covid-19. Serta masalah pelayanan publik yang meliputi pelayanan pengurusan izin, baik izin usaha, izin mendirikan bangunan, dan izin lainnya yang sering dikeluhkan oleh masyarakat.

Selain itu, aspirasi yang dikeluhkan masyarakat juga terkait masalah kebersihan lingkungan, penyaluran air bersih, bantuan sosial dan pendidikan, kenaikkan harga sembako, keamanan dari pencurian dan penyalahgunaan narkoba serta premanisme.

Dalam sambutannya, Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota dewan yang telah menghimpun dan mengakomodir aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya masing-masing.

“Semoga aspirasi-aspirasi yang tertuang dalam laporan hasil reses anggota dewan dapat menjadi evaluasi dan perbaikan ke depan dalam membangun dan mewujudkan program-program prioritas Kota Medan. Saya yakin, bentuk kolaborasi antara Pemerintah Kota Medan dengan Anggota DPRD Kota Medan agar tercapainya visi dan misi Kota Medan dalam mewujudkan masyarakat Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif,” kata Bobby Nasution.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H. Rajudin Sagala, S.E., M.M., mengatakan ada empat permasalahan yang paling banyak dikeluhkan masyarakat seperti infrastruktur dan penanganan banjir, pelayanan kesehatan, penanganan UMKM, dan pelayanan publik.

“Kami berharap kepada Pemerintah Kota Medan agar Laporan Hasil Reses Kesatu Anggota DPRD Kota Medan ini dapat segera ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta dapat segera terwujud dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Medan, karena harapan masyarakat Kota Medan adalah harapan kita semua,” tandas Rajudin.

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Medan ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H. Rajudin Sagala, S.Pd.I., didampingi Wakil Ketua, H. Ihwan Ritonga, S.E., M.M., juga dihadiri Anggota DPRD Kota Medan lainnya, para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Medan, serta Camat se-Kota Medan. (red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.