Pemko Medan: Warga Dapat Cetak KTP dan KIA di Safari Ramadan

MEDAN – Pemko Medan senantiasa memberi kemudahan terhadap pelayanan publik bagi warga Kota Medan. Seperti halnya pada Safari Ramadan di Masjid Al Huda Jalan Jamil Lubis, Kecamatan Medan Tembung, Senin (10/4/2023), warga yang hadir tidak hanya dapat mengikuti rangkaian kegiatan Safari Ramadan tetapi juga dapat mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Hadirnya layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) ini merupakan upaya jemput bola yang dilakukan Pemko Medan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam melayani administrasi kependudukan sebagaimana Visi dan Misi Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Begitu mengetahui adanya layanan Adminduk, warga yang hadir pada Safari Ramadan langsung memanfaatkan fasilitas pelayanan tersebut. Pencetakan KTP mendominasi pelayanan Adminduk yang dilakukan oleh Warga. Tercatat ada 50 warga yang melakukan cetak ulang identitas dirinya dikarenakan rusak, hal ini dibuktikan dengan fisik KTP yang rusak.

Selain mencetak KTP, warga yang hadir dalam safari Ramadan juga dapat mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) dan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Terdapat 10 KIA dan 5 IKD dicetak dan diproses oleh petugas di kesempatan tersebut.

Sorik Tindoan Daulay, salah seorang warga yang memanfaatkan pelayanan Adminduk di Safari Ramadan merasa bersyukur dan berterima kasih karena adanya layanan ini KTP miliknya yang sudah rusak dapat dicetak kembali.

“Layanan ini sangat berguna bagi kami khususnya warga lingkungan 13 yang berada di sekitar Masjid Al Huda. Sebelumnya KTP saya hampir rusak, kini sudah dicetak baru dan lebih bagus. Jelas Sorik.

Tidak hanya warga yang tinggal disekitar Masjid, warga Medan lainnya yang kebetulan sedang berada di sana juga dapat memanfaatkan pelayanan Adminduk. Seperti yang diakui Ida Rohani, warga yang tengah berkunjung kerumah orang tuanya tersebut begitu mengetahui di safari ramadan bisa mencetak KTP, langsung mendatangi meja pelayanan.

“Saya sebenarnya bukan warga sini namun adanya layanan Adminduk ini sangat membantu. tadinya saya lagi berkunjung ke rumah orang tua, begitu tahu ada Pelayanan cetak KTP saya kesini ternyata mudah dan prosesnya juga cepat,” Ujarnya sembari mengaku KTP miliknya rusak sehingga dicetak baru.

Sementara itu Tim Safari Ramadan yang dilakukan Pemko Medan di Masjid Al Huda ini dipimpin Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Aulia Rachman. Dalam pertemuan ini Aulia Rachman memberikan bantuan untuk kemakmuran masjid Al Huda senilai Rp 50 Juta Rupiah yang diterima Ketua BKM Zulkifli Sitepu.

Selain itu bantuan sosial berupa sembako senilai Rp 10 Juta rupiah dan Akte Pendirian koperasi juga diserahkan kepada pengurus Masjid. Selanjutnya Aulia Rachman juga memberikan santunan kepada 100 anak yatim-piatu yang ada di Kecamatan Medan Tembung.

Dalam kesempatan tersebut, Aulia Rachman membuka dialog dengan warga yang hadir dalam safari ramadan, guna mengetahui Kendala dan masukan dari warga terkait dengan pembangunan di Kota Medan. Sejumlah keluhan disampaikan warga seperti permasalahan banjir dan keamanan wilayah.

Dikatakan Aulia Rachman, Safari Ramadan ini selain untuk bersilaturahmi dengan warga di bulan ramadhan, Pemko Medan juga ingin mendengarkan langsung masukan dan keluhan yang dialami warga. Artinya ini juga merupakan salah satu tugas dari Pemerintah yakni mendengar keluhan warganya

“Informasi dari masyarakat ini menjadi catatan penting bagi Pemko Medan, untuk dapat ditampung dan diperbaiki apa yang menjadi keluhan dari masyarakat,” Sebut Aulia Rachman.

Sebelum berakhir, Safari Ramadan ini diisi tausiah agama yang disampaikan Al Ustad Hendrik Siregar. Selanjutnya Wakil Wali Kota Medan bersama Warga Kecamatan Medan Tembung berbuka bersama dan shalat magrib berjamaah. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.