Pertama di Sumut, RS Columbia Asia jadi Pusat Layanan Kesehatan Gratis

MEDAN-Rumah Sakit (RS) Columbia Asia Medan menghadirkan fasilitas dan pelayanan Education and Advisory Centre serta konsultasi kesehatan gratis.

“Layanan ini menjadi media  bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi dan konsultasi kesehatan secara lengkap secara gratis,” kata General Manager RSCA Medan Deny Hidayat di Medan, Rabu (10/5/2023).

Dengan layanan ini, kata Deny warga juga bisa berkonsultasi terkait pengobatan lanjutan, pilihan dokter yang tepat hingga informasi biaya tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Didampingi Direktur RSCA Medan Prof Sutomo Kasiman, Medical Service Manager Sabar Petrus Sembiring, Nursing Service Manager Eva Sri Dewi dan Operation Manager Natalina Rumapea, Deny menjelaskan untuk layanan itu ada satu dokter umum dan satu perawat yang nanti memberikan edukasi ke calon pasien.

Bahkan dokter juga akan memberi tahu kemungkinan penyakit yang diderita dan dokter yang menanganinya, diobati atau operasi dan lainnya.

Sebagai RS swasta berstandar internasional, kata Deny,
RSCA menjadi rumah sakit pertama yang menyediakan layanan ini di Sumut.

“Saat ini kita menjadi rumah sakit pertama kali memberi layanan seperti ini kepada masyarakat secara gratis. Layanan ini buka dari Senin sampai Sabtu,  dari pukul 10 pagi sampai  pukul 7 malam,” ungkapnya.

Selain layanan ini, RSCA Medan menghadirkan pelayanan yang tidak kalah pentingnya yakni Layanan Sunday dan Holiday Clinic.

Layanan ini, sebelumnya sudah berjalan. Awalnya hanya beroperasional di hari Minggu pukul 8 hingga 12 siang.

Seiring dengan banyaknya masyarakat ingin mendapatkan layanan ini, maka masa layanan juga ditambah hingga pukul 5 sore.

“Kami targetkan Juli 2023 nanti bisa beroperasional sampai pukul 9 malam,” kata Deny.

Deny juga mengklaim, RSCA Medan sebagai salah satu rumah sakit pertama menggunakan digital board yang menunjukkan jadwal dan nama-nama dokter, serta jam prakteknya.

Selain itu, RSCA Medan juga melayani masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan di Radiologi hingga 24 jam sekaligus juga menambah layanan baru ‘Mini Surgery’.

Di Mini Surgery ini dilengkapi dokter spesialis bedah. Layanan ini disiapkan untuk yang ingin melakukan tindakan operasi kecil, jadi tidak perlu dilakukan di ruang operasi.

Selain tak perlu repot, harganya lebih terjangkau. Misalnya pasien yang menderita robekan di badan dan ingin cepat dijahit. Demikian juga yang mau sunat atau operasi kecil lainnya.

Dikatakannya, dokter spesialis bedah umum akan selalu siap melayani pasien pada layanan Mini Surgery ini.

Layanan ini dikembangkan untuk mempermudah warga Medan mendapatkan layanan kesehatan serta diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap Rumah Sakit Colombia Asia Medan.

Deny Hidayat juga menyebutkan, mulai 8 Mei 2023, layanan cuci darah di rumah sakit ini dilakukan 3 kali dalam sehari, mulai pagi, siang dan malam.

“Bahkan kita juga siap melayani pasien sistem antar jemput. Bisa pakai ambulance atau mobil biasa,” ujarnya.

Ia berharap layanan unggulan yang dilaunching itu menjadi satu kesatuan yang bisa memberi pelayanan paripurna kepada masyarakat.

Senada dikatakan Prof Sutomo Kasiman, masyarakat yang melakukan konsultasi tidak harus melakukan perawatan di RSCA Medan ini.

Dijelaskanya, setelah konsultasi, pasien tidak harus dirawat.  Nantinya tim akan menginformasikan berbagai pelayanan yang ada di Rumah Sakit Columbia, menganjurkan pasien sekurang-kurangnya bisa menggunakan layanan poliklinik.

“Apabila kita tidak memiliki keahlian seperti yang diduga sakitnya calon pasien, maka kita akan senang hati merujukkan ke rumah sakit lain sehingga mendapatkan pelayanan terbaik,” tuturnya.

Medical Service Manager Sabar Petrus Sembiring menyebutkan, jika RSCA memberikan layanan seperti ini diyakininya masyarakat Sumut tidak akan mau berobat ke luar negeri

Menurutnya RSCA Medan siap memberikan layanan kesehatan dan perobatan maksimal yang memenuhi kepuasan pasien.

Untuk itulah, RSCA Medan membangun pelayanan kesehatan paripurna dengan melengkapi fasilitas dan peningkatan pelayanan. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.