Pj Bupati Padang Lawas Kukuhkan 296 Kepdes Perpanjangan Masa Jabatan 8 Tahun

PADANG LAWAS – Pj Bupati Kabupaten Padang Lawas, Ir.H.Ardan Noor Hasibuan MM melakukan Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan terhadap 296 Kepala Desa (Kades) di lingkungan Kabupaten Padang Lawas.

Acara Pengukuhan tersebut dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Bercahaya, Jalan Dinas Pendidikan, Padang Luar, Sibuhuan, Rabu (3/7/24).

Pj Bupati Ir.H.Ardan Noor Hasibuan MM dalam sambutannya mengatakan, penerapan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah membawa perubahan dinamika pada pemerintah daerah hingga pemerintahan desa.

“Pengukuhan perpanjangan masa jabatan ini merupakan bentuk kepastian hukum yg diberikan oleh pemerintah daerah terhadap kepala desa,” terang Pj Bupati.

Usai pengukuhan, Pj Bupati mengucapkan selamat kepada para Kepala Desa dan berharap perpanjangan masa jabatan ini akan meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat.

“Tambahan 2 tahun masa jabatan diharapkan mampu memberikan dampak yg besar terhadap kemajuan desa untuk merealisasikan rencana-rencana yang telah dibuat, dengan harapan pencapaian di akhir masa jabatan bisa lebih optimal,” harap Ardan Noor Hasibuan.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Padang Lawas, M.Faisal Siregar SAP, MM, didampingi Kabid PMD Nirwan Harahap S.Sos menyebut perubahan signifikan dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 adalah adanya perpanjangan masa jabatan Kepala Desa yang semula enam tahun menjadi delapan tahun yang diatur pada Pasal 39 dan Pasal 56.

“Dengan begitu, 296 kades di lingkungan Kabupaten Padang Lawas mendapat perpanjangan masa jabatan ditambah dua tahun dari akhir masa jabatan peraturan sebelumnya,” ujar Faisal.

Lebih lanjut dijelaskannya, berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 100.3.5.5/2625/SJ tentang penegasan ketentuan perubahan pasal peralihan terkait Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, menyebutkan pemerintah kabupaten memfasilitasi perubahan keputusan bupati terkait masa jabatan kepala desa berdasarkan ketentuan perundang-undangan dan berlaku.

“Atas nama pribadi dan instansi, saya mengucapkan terimakasih kepada Pj Bupati yang telah mengukuhkan perpanjangan masa jabatan bagi 296 kepala desa, dan mengucapkan selamat kepada kepala desa yang dikukuhkan, semoga dengan perpanjangan masa jabatan ini, kepala desa mampu meneruskan pembangunan daerah khususnya desa dan melaksanakan tugasnya dengan lebih optimal,” tutup Faisal.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Supriady Halomoan Hasibuan SH MM, Wakapolres Kompol Sugianto S.Pd, Ketua PN Sibuhuan Lulik W SH, MH, Para Staff Ahli Bupati, para Asisten, para Pimpinan OPD, para Camat, dan unsur undangan lainnya. (MS)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.