Terima Audiensi KPU Medan, Hasyim Harapkan Pemilu yang Kondusif dan Bawa Kegembiraan bagi Warga

MEDAN – Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE, mengharapkan penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu 2024 berjalan baik dan kondusif, serta benar-benar membawa kegembiraan tanpa tekanan bagi seluruh masyarakat, khususnya warga Kota Medan.

Hal itu disampaikan Hasyim saat menerima audiensi Komisioner KPU Kota Medan di ruang kerjanya, Gedung DPRD Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Rabu pagi (15/11/2023).

Hadir dalam kunjungan ini, 3 Komisioner KPU Kota Medan, Bobby Niedal Dalimunthe, Muhammad Taufiqurahman Munthe, Saut Haornas Sagala serta staf KPU Kota Medan. Sementara Ketua KPU Kota Medan Mutia Atiqah, dan komisioner lainnya Zefrizal, berhalangan hadir karena sedang mengikuti bimtek luar kota.

“Pemilu 2024 ini merupakan pesta demokrasi yang seyogyanya membawa kegembiraan bagi rakyat Indonesia, khususnya warga Kota Medan. Namanya juga pesta demokrasi, ciptakan suasana riang gembira, agar pemilih berpartisipasi memberikan hak suaranya baik dalam pemilu legislatif maupun pemilihan presiden,” ungkap Hasyim.

Hasyim juga mendorong KPU Kota Medan, sebagai penyelenggara pemilu, untuk bersikap dan bekerja adil, jujur dan tanpa intervensi, agar menghasilkan pemilu yang berintegritas dan bermartabat.

“Kita mengharapkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 meningkat dan lebih tinggi dari sebelumnya, sehingga tatanan demokrasi kita semakin kuat. Itu sebabnya, kita mengharapkan sosialiasi Pemilu 2024 di tengah-tengah masyarakat terus dilakukan,” ukar Hasyim.

Lebih lanjut, Hasyim juga menyinggung pentingnya sinergitas dan komunikasi yang berkesinambungan antara DPRD Kota Medan dengan KPU, dalam penyelenggaraan pemilu.

“Karena, pada tahun 2024 mendatang ini, kita tidak hanya menyambut Pemilu Legislatif dan Presiden, namun juga Pemilu Kepala Daerah (Pilkada), termasuk Pilkada Kota Medan,” terang Hasyim.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Medan Muhammad Taufiqurahman Munthe, mengatakan, tahapan pemilu akan segera masuk tahapan kampanye.

“KPU Kota Medan akan berkoordinsi dengan pemerintah terkait zona kampanye dan jenis alat peraga yang diperbolehkan. Begitu juga terkait kawasan, fasilitas mana yang tidak boleh dijadkan tempat kampanye,” kata Taufiqurahman.

KPU Kota Medan, sambungnya, juga telah menyiapkan tempat logistik Pemilu 2024 di kawasan Marelan.

Komisioner lainnya, Bobby Niedal Dalimunthe, menambahkan, KPU telah mempermudah akses bagi warga pemilih untuk mengecek DPT dan TPS nya melalui https://cekdptonline.kpu.go.id.

“Secara online, warga bisa melakukan pengecekan DPT dan TPS nya cukup dengan memasukkan NIK. Juga dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor lurah domisili sesuai NIK,” ungkapnya.

Menimpali, Saut Haornas Sagala, komisioner lainnya menjelaskan, KPU juga telah menyiapkan Aplikasi Sikadeka (Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye) sebagai alat pengelolaan kampanye serta dana kampanye.

“Melalui aplikasi ini, berbagai kegiatan kampanye nantinya dapat langsung terpantau,” ujarnya. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.