Tindaklanjuti Aspirasi Warga, Bobby Nasution Mulai Normalisasi Drainase Gang Langgar Tegal Sari III

MEDAN – Sebagaimana biasanya, Wali Kota Medan Bobby Nasution langsung bergerak cepat mengatasi keluhan dan masalah warganya. Guna mengatasi banjir yang disampaikan warga padanya beberapa hari lalu, drainase di Gang Langgar Kelurahan Tegal Sari III Kecamatan Medan Area pun mulai dinormalisasi, Senin (13/3/2023).

Pekerjaan ini dilakukan UPT Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK) Medan Wilayah Kota bekerja sama dengan Petugas Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kelurahan Tegal Sari III.

Sejumlah alat berat, antara lain skip loader, penyedot lumpur dan beko mini diturunkan untuk mengangkat sampah dan sedimentasi dari parit yang kawasan padat penduduk itu. Alat berat milik Pemko Medan ini dikerahkan agar pekerjaan bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Kegiatan hari pertama itu dimulai dari persimpangan Gang Langgar-Gang Sosial. Sejak pagi petugas mulai bekerja. Selain menggunakan alat berat, petugas juga harus menggunakan alat manual berupa garpu dan cangkul. Berbagai sampah, termasuk sampah plastik berhasil dikeruk. Tidak hanya itu, sampah kayu dan patahan-patahan kursi berhasil dikeluarkan dari drainase itu.

Keterangan yang diperoleh dari pihak Kepala UPT Wilayah Kota, Dhani Wardana, pekerjaan normalisasi drainase ini dilakukan mulai dari persimpangan Gang Sosial-Gang Langgar hingga ke persimpangan Gang Langgar-Jalan A.R. Hakim. Diperkirakan, pekerjaan normalisasi ini membutuhkan waktu paling lama seminggu.

Normalisasi drainase ini berawal dari kunjungan kerja Bobby Nasution dalam program Sapa Lingkungan di Gang Langgar Kelurahan Tegal Sari III Kecamatan Medan Area, Kamis (9/3) kemarin. Waktu itu, warga mengeluh karena lingkungan rumahnya menjadi langganan banjir saat hujan.

Warga juga mengungkapkan, waktu banjir sampah pun bermunculan di mana-mana. Menurut warga, saluran drainase mereka bermasalah. Soalnya, air tidak mengalir di dekat Masjid Ikhwanul Hasan, di sekitar aliran persimpangan Gang Langgar-Gang Sosial. Mendengar aspirasi warganya, Bobby Nasution langsung bertindak cepat. Orang nomor satu di Pemko Medan ini memerintahkan Dinas SDABMBK melakukan normalisasi drainase di lokasi tersebut.

Gerak cepat Bobby Nasution ini menimbulkan simpati warga Gang Langgar Kelurahan Tegal Sari III. Warga menilai Bobby Nasution telah membuktikan gerak cepatnya dalam mengatasi permasalahan masyarakat di kota ini. Salah seorang warga, Darma Bakti Harahap menilai, pekerjaan normalisasi hari ini membuktikan Bobby Nasution telah menepati janjinya sebagai Wali Kota Medan saat bertemu dengan masyarakat pekan lalu.

“Oleh karena itu, kami masyarakat Tegal Sari III mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bobby Nasution yang telah merealisasikan normalisasi drainase ini,” ucapnya.

Warga Lingkungan I Kelurahan Tegal Sari III ini juga mengungkapkan, untuk mendukung pekerjaan Wali Kota Medan ini, memang dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami harapkan juga kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” tutupnya. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.